Pembodohan oleh TV ONE

Mengejutkan sekali, ternyata di Indonesia bukan hanya ada markus pajak, markus pengadilan, atau beberapa “markus” yang jamak diketahui di beberapa lembaga pemerintahan. Sekarang ada lagi “marta”(makelar berita) di tv one, milik Bakrie.

Sangat menjijikkan, ditengah trust masyarakat yang semakin rendah terhadap lembaga negara, kini justru pers ikut-ikutan menyebarkan berita dan kebohongan yang tak bertanggung jawab. Orang yang dijadikan narasumber adalah orang yang tidak-tahu-menahu tentang persoalan apa yang dibicarakan – ketika ia diundang menjadi narasumber 18 maret di tv one. Anehnya, tv one bersama segenap awak redaksi justru berusaha melakukan pembelaan dengan mengajukan “bukti” ke dewan pers. Meski pada akhirnya mereka mengaku telah melakukan kesalahan karena tidak melakukan “cover both side”. Konyol sekali. Padahal transkrip BBM antara presenter dan “markus palsu” itu telah beredar di media dan jelas-jelas memperlihatkan upaya menyembunyikan kebobrokan mereka dalam menampilkan berita.

Saya sama sekali ga yakin kalau ini adalah kasus kebohongan publik pertama yang dilakukan stasiun tv. Saya prihatin, belakangan saksikan, pers menjadi ajang pembenaran. Kebenaran bukan lagi ditentukan di arena real, tetapi dilihat dari cara berita yang disampaikan. Kebenaran politik, misalnya, dilihat seperti talkshow. Atau seperti menyaksikan “film  action”. Yang ditawarkan adalah suspense, ketegangan, orang senang melihat orang lain terpojok, tanpa bisa membela diri karena mereka tidak punya corong media.

Saya, sejak jauh-jauh hari sudah memaklumkan pada diri sendiri untuk selalu curiga atas pemberitaan di pers. Sulit sekali mencari pers yang tidak memihak.

Pers sebagai penyampai informasi, tanpa pretensi mengungkap fakta-fakta dibalik berita, tidak lebih.

One thought on “Pembodohan oleh TV ONE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s