Nge-blog Lagi?

Saya harap ini jadi blog terakhir saya.

Sebelumnya saya telah membuat dua blog dengan memanfaatkan hosting gratis yang mudah ditemukan di internet. Blog pertama saya tulis semester pertama perkuliahan tahun 2006. Isinya kebanyakan curhat dan sesekali makalah-makalah kuliah, hahaha. Blog ini saya tutup karena enggak penting dan isinya malu-maluin. Kemudian saya membuat blog lagi Desember 2008. Waktu itu tujuannya adalah menampung tulisan-tulisan saya yang pernah dimuat di media atau pernah ditolak media. Kebetulan waktu itu saya mengikuti sebuah program beasiswa yang mewajibkan pesertanya mengirimkan minimal satu artikel opini ke koran-koran nasional seminggu sekali. Tapi kalau saya membaca kembali apa yang pernah saya tulis saat itu, kok rasanya masih mentah sekali. Terasa lebih kuat emosi aktivisnya daripada kejernihan penalarannya. Tulisan-tulisannya juga kerap mengaburkan apa yang sebetulnya ingin saya sampaikan, mungkin karena saya tidak mengerti terlalu jelas tentang tema yang saya tulis, atau mungkin juga karena cara berpikir saya yang berubah. Saya tidak tahu. Akhirnya blog itu saya tinggalkan yang sebagian besar disebabkan oleh kemalasan saya menulis secara reguler. Kini semangat itu muncul lagi dan saya merasa perlu membuat blog dengan domain khusus – supaya terlihat lebih keren dan profesional, hehehe. 

Tulisan saya rencananya tidak akan jauh dari hal-hal yang saya geluti sehari-hari; filsafat, politik, teori-teori pengetahuan. Kesannya berat. Tapi saya tidak bermaksud menuliskan tema-tema serius itu secara dalam. Jauh dari itu, tulisan saya akan banyak bersumber dari lintasan pikiran yang sering datang begitu saja di kepala saya. Namanya saja lintasan pikiran, dia bisa datang kapan saja dan dimana saja, dan seringkali hanya mampir sebentar lalu hilang esok harinya. Jadi jangan berharap terlalu banyak kalau suatu waktu membaca tulisan saya yang tidak bemutu dengan tema-tema tadi, hehehe. 

Tentu saya juga akan menulis topik-topik tak terbatas yang saya anggap menarik. Bisa tentang cerita-cerita ringan yang saya temui sehari-hari, tentang film, kuliner, seni, jalan-jalan, persahabatan, atau cerita-cerita lucu. Sering saya menuliskan pengalaman-pengalaman ini dalam catatan harian. Dan adakalanya saya merasa bersalah karena menyimpan pengalaman-pengalaman itu menjadi sepenuhnya milik saya. Saya merasa perlu sharing dengan yang lain. 

Nah, jadi singkatnya, blog ini akan menjadi medium utama saya untuk berbagi di dunia maya. Itu saja dulu. Mudah-mudahan nasibnya bisa lebih baik dari dua blog saya sebelumnya.

Leave a Reply

